BLOGGING

Belajar Merampingkan Alexa dari Ety Abdoel

Pentingkah Alexa ?

Keyword Research, Competitive Analysis, & Website Ranking | Alexa

Kalau blog kalian mau dibawa kearah yang lebih professional alias mau dijadikan sebagai penghasilan, maka salah satu faktor yang mesti kalian perhatikan adalah ranking Alexa. Semakin ramping alias makin kecil si rank Alexa ini maka semakin baik kualitas blognya. Dapat dikatakan seperti itu. Karena peringkat yang diberikan Alexa itu berdasarkan perhitungan dari banyaknya traffic atau pengunjung yang masuk ke blog kita.

Maka mengenai penting atau tidaknya rank Alexa ini menjadi tergantung kepada sang empunya blog. Mau dibawa kemana blog nya dan mau dijadikan seperti apa. Kalau ingin blognya dijadikan sebagai salah satu sumber pemasukan, maka sepeti yang sudah saya kemukakan diatas, peringkat Alexa menjadi penting. Karena para advertiser dan para sponsor akan melihat peringkat si Alexa ini. Ya ibaratnya peringkat Alexa kayak menentukan kepopuleran blog kita gitu lah.

Nah tapi kalau kalian hanya menggunakan blog cuma sebagai media tulis menulis saja sih ya nggak perlu perhatikan alexa. Lalu kalau kalian memonetize blog dengan google adsense, saya rasa juga nggak begitu pengaruh ya si alexa ini.

Bukan Saya

Apanya yang bukan saya?

Anu itu maksudnya, saya bukan blogger yang masuk golongan si Alexa ramping. Liat aja tuh alexa saya saat ini melambung lagi ke 1,2 jutaan, padahal sebulan lalu rank saya 980 ribuan gitu. Tips merampingkan alexa ini datang dari teman saya sesama blogger, yaitu Mbak Ety Abdoel dari blognya www.etyabdoel.com

Silakan mampir ke rumah maya nya dan lihatlah rank Alexa nya yang 300 ribuan. Konon katanya kalau peringkat Alexa sudah mencapai di angka 400 ribuan maka peringkatnya nggak akan bergeser turun terlalu jauh.

Mbak Ety berbagi 2 tips agar Alexa bisa ramping berdasarkan apa yang dia telah lakukan. Dan percayalah pasti kalian sudah pernah baca tips ini. Masalahnya udah dilakukan belum? Nah saya nih yang masih ogah-ogahan melaksanakannya alhasil peringkat alexa gendut. Emang yah nggak di dunia nyata nggak di dunia maya saya emang susah mulu soal urusan diet *eh.

Lakukan 2 tips berikut ini
Oh iya tips ini berlaku untuk kalian yang sudah Top Level Domain (TLD) ya, yaitu yang url blognya nggak lagi pakai wordpress.com atau blogspot.com alias yang sudah dot com.

Rajin update postingan minimal 2 minggu sekali
Cara ini nggak hanya akan bikin blog terlihat lebih hidup tapi juga ternyata berpengaruh ke Alexa. Alexa menilai ranking sebuah blog berdasarkan jumlah visitor, page views, update konten, serta aktifitas di blog tersebut seperti komentar. Dan Alexa memperhitungkan update konten pada sebuah website/blog, semakin sering update postingan maka rank Alexa akan semakin ramping.

Tapiiii, sebaiknya sih 2 minggu sekali saja. Supaya blogger nggak hanya berpaku pada seringnya postingan tapi juga kualitas postingan tersebut. Bagi saya pribadi yang seminggu 2 kali posting, memang rasanya sudah ideal. Agar cukup waktu untuk mempersiapkan materi. Tapi jika kalian sanggup posting setiap hari dengan konten yang berbobot dan bermanfaat justru lebih baik lagi dong.

Rajin blogwalking 10-20 blog sehari
Blogwalking merupakan salah satu cara mendatangkan backlink yang berkualitas untuk blog kita. Berkunjunglah ke blog orang lain yang punya topik sama seperti kita atau yang punya kata kunci serupa. Tinggalkan komentar di blog orang lain dengan menyertakan url kita. Tapi ingat jangan tinggalin url hidup seperti misalnya www.doyantidur.com/semalem-aku-mimpi-mimpi-buruk-sekali atau meninggalkan spam di blog orang lain.

Dengan melakukan blogwalking ini pun akan mempengaruhi pengunjung ke blog kita tentunya. Pastinya kita senang dong kalau blog kita ada yang baca. Step ini nih saya dulu lakukan waktu nurunin dari peringkat 13 jutaan (waktu baru pake domain sendiri) ke 900 ribuan.

Jangan ngeblog sendirian, shay…
Well apalagi kalau kalian masih bener-bener baru di dunia blogging. Akan susah sendiri untuk mendapatkan traffic dll dll. Saya super merekomendasi kalian untuk gabung di komunitas-komunitas blogging. Kalau kalian ke homepage saya, scroll kebawah deh, kalian bisa liat saya gabung di 3 komunitas yaitu indonesian beauty blogger, blogger perempuan dan kumpulan emak blogger.

Dan kalau kalian perhatiin pasti dua kali dalam sebulan saya akan membahas profil blogger yang berbeda. Itu masuk dalam program Arisan Link yang diadakan oleh Blogger Perempuan. Agar pembaca setiap blog dapat juga mengenal profil blogger yang sedang diulas, karena setiap blogger punya ciri khas masing-masing. Dan dapat memberikan traffic untuk blognya.

Saya, Mbak Ety dan member Arisan Link Grup IV Blogger Perempuan percaya bahwa ngeblog bersama komunitas akan sangat meringankan beban. Beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Menambah ilmu, karena banyak yg share ilmu blogging. Dan banyak hal mengenai blogging biasanya kita dapat di komunitas.
  2. Menambah teman, karena mau nggak mau di sana kita akan berinteraksi dan lama-lama saling kenal.
  3. Menambah jaringan. Dari komunitas kemudian jadi punya jaringan baik jaringan dengan agensi maupun brand.
  4. Menambah rezeki, dari komunitas, kita biasanya juga suka kebagian info job review, event, dll.
  5. Menambah informasi seperti info lomba blogging, workshop, dll yang dapat menambah wawasan kita seputar blogging.

Mbak Ety jika saya lihat dari blognya, saat ini tergabung ke 7 komunitas blogging. Yaitu; kumpulan emak blogger, blogger perempuan, warung blogger, fun blogging community, bblog, ibu-ibu doyan nulis, dan blogger reporter indonesia.

Kita udah asik dan enak gini ngeblog bareng komunitas, kalian yakin masih mau ngeblog sendirian aja? eh 😀